admin July 29, 2019

Perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi ibu pada masa kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan banyak DHA  dan perkembangan otak janin. Selain itu, juga membutuhkan banyak vitamin dan mineral yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

 

Vitamin dan Mineral yang Bagus untuk Janin

  • Vitamin D dan Kalsium

Banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil, antara lain adalah vitamin D, kalsium, zat besi dan lainnya dalam jumlah yang tinggi. Hal ini dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan baik ibu maupun janin yang dikandungnya.

Bagi ibu hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin D sebanyak 10 mikogram dan 1000 mg kalsium setiap hari. Fungsinya adalah untuk mendukung pertumbuhan tulang pada bayi. Apabila kekurangan vitamin D dan kalsium saat hamil dapat menyebabkan pertumbuhan tulang menjadi abnormal.

Sumber kalsium dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi tahu, tempe, kacang merah, susu kedelai, sayuran hijau, ikan salmon, dan kacang-kacangan. Sumber vitamin D antara lain adalah salmon, sarden, telur dan daging.

Sumber vitamin D juga dapat diperoleh dengan berjemur di bawah sinar matahari, yaitu sekitar jam 7 hingga 8 pagi.

  • Asam Folat

Asam folat sangat penting pada masa kehamilan. Fungsinya adalah untuk mencegah adanya cacat pada sistem saraf. Oleh karena itu, ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Sumber asam folat dapat dijumpai pada sayuran hijau, gandum, kacang-kacangan, jeruk dan lain-lain.

  • Zat Besi

Saat Anda hamil, zat besi berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh  dan janin. Oleh karena itu, Anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Contohnya adalah tomat, kurma, delima, semangka, hati sapi, bebek, telur, kambing, bayam, kentang, labu dan lain-lain.

Defisiensi zat besi saat hamil menyebabkan anemia sehingga ibu hamil sering merasa  pusing, lemah dan pucat. Selain itu, kekurangan zat besi memicu anak Anda terkena anemia dan berpotensi lahir prematur dengan berat badan rendah.

 

 

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*