admin May 30, 2018

Kapasitas memori menjadi spesifikasi yang amat penting dan kerap jadi perhatian serta pertimbangan yang utama saat akan membeli laptop maupun komputer baru. Untuk kapasitas memorinya, haruslah cukup dalam mengakomodasi data dan file yang disimpan di dalam laptop atau komputer tersebut. Selain itu dengan memori yang cukup, maka akan bisa memastikan agar program yang berjalan bisa berjalan dengan mulus. Namun jika memang memori yang ada di gadget Anda masih kurang memuaskan, maka bisa dengan menambahkan harddisk eksternal terbaik.

Umumnya kapasitas memori di dalam gadget cenderung mudah habis ketika Anda banyak menyimpan film hingga musik. Selain itu Anda merasa jika koleksi film dan musik yang ada sangat sayang ketika harus dihapus sehingga lebih memilih untuk terus menyimpannya. Namun tidak mengapa karena kini sudah ada harddisk eksternal sebagai solusinya. Dengan tambahan berupa harddisk eksternal ini, maka Anda bisa lakukan back up pada data dan mudah sekali diakses. Selain itu karena bentuknya yang kecil pun menjadikannya fleksibel ketika harus dibawa kemana-mana.

Jika Anda sudah mantap untuk membeli harddisk eksternal, maka beberapa hal berikut ini wajib Anda tahu lebih dulu:

  • Hardware yang wajib bagi pengguna komputer

Perangkat harddisk eksternal ini bisa menjadi penyelamat Anda saat Anda memiliki masalah di hard drive laptop Anda. Setidaknya Anda sudah memiliki cadangan berupa data penting di dalamnya. Itulah mengapa banyak yang selalu menganjurkan untuk mencadangkan berbagai file dan data penting ke perangkat lain sehingga jika ada kemungkinan rusak atau keluhan lainnya maka data penting bisa diselamatkan.

  • Mengenal ragam harddisk eksternal

Sebelum mendapatkan harddisk eksternal terbaik, Anda pun baiknya bisa mengetahui dulu dengan macam harddisk eksternal. Untuk yang paling familiar adalah produk HDD namun ada juga yang bernama SSD dimana kecepatan transfernya sangat cepat. Meski demikian SSD harganya jauh lebih mahal dibanding HDD. Selain itu SSD memiliki keunggulan juga dari segi ketahanan ketika diperlakukan kurang baik dibanding HDD.

  • Kapasitas sesuai kebutuhan

Saat ini sudah ada beberapa ukuran harddisk eksternal di pasaran situs belanja online. Semuanya pun memiliki harganya masing-masing dimana memang cukup mahal yakni mulai dari 500 ribuan. Untuk kapasitas yang biasa dipakai adalah 500 GB atau 1 TB. Meski demikian sebetulnya Anda bisa menyesuaikan sendiri kapasitas tersebut. Tak usah ikut teman atau karena saran orang lain, namun lebih baik kembalikan kepada kebutuhan Anda pribadi akan kapasitas.

  • Beli di toko terpercaya

Membeli harddisk eksternal tentu harus di toko terpercaya. Selain bisa menjamin baru dan kualitas barangnya, Anda tentu juga lebih tenang. Anda pun tak hanya bisa beli di toko sekitaran melainkan juga bisa mendapatkan lewat situs belanja online. Namun kembali lagi kepada Anda dimana membeli lewat situs belanja online harus lebih hati-hati dan cermat. Baiknya pilih toko yang sudah memiliki rating dan review baik dari para pembeli sebelumnya sehingga lebih bisa dipercaya.

Itulah beberapa tips hal yang perlu Anda tahu sebelum membeli harddisk eksternal terbaik. Dengan mengetahui apa saja yang diperlukan, maka Anda bisa lebih mempertimbangkan secara bijaksana terkait harddisk eksternal yang memang Anda butuhkan. Untuk kisaran harga harddisk eksternal sendiri mulai dari 500 ribuan, namun dari segi harga sendiri kembali lagi pada merk dan kapasitasnya.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*