admin April 15, 2020

Aplikasi pembukuan keuangan dianggap sangat penting bagi perusahaan untuk menghasilkan sebuah laporan keuangan. Pembukuan tersebut memiliki peran untuk mengidentifikasi jalannya arus kas yang terjadi dalam satu periode akuntansi. Beragam aplikasi bisa Anda terapkan sesuai dengan karakteristik perusahaan mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Umumnya, aplikasi-aplikasi keuangan yang ditawarkan oleh sebuah layanan dapat diperoleh secara gratis atau cuma-cuma.

Pentingnya Aplikasi Pembukuan Keuangan dalam Suatu Perusahaan

Aplikasi pembukuan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan nantinya bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Tak hanya pihak internal perusahaan saja yang berkepentingan atas hasil laporan keuangan. Namun, ada juga pihak-pihak eksternal yang membutuhkan data-data tersebut. Secara detail, berikut ini ulasan tentang beragam fungsi dari dibuatnya pembukuan keuangan di suatu perusahaan:

  1. Penentuan besaran pajak

Jika perusahaan yang Anda miliki termasuk dalam kategori wajib pajak, tentunya penting sekali untuk membuat estimasi terkait besaran pajak yang harus dibayarkan pada periode tertentu. Hal ini hanya bisa diperoleh melalui data-data hasil laporan keuangan perusahaan tersebut. Selain mengetahui besaran pajak, perusahaan juga bisa membuat anggaran pajak terlebih dahulu agar bisa membayarnya tepat waktu.

  1. Menekan jumlah biaya

Salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan jumlah pendapatan adalah dengan menekan biaya. Melalui hasil pembukuan pada tiap periode, Anda bisa melihat biaya mana sajakah yang bisa diminimalisir tanpa harus mengorbankan karyawan atau pihak lain. Perusahaan bisa membuat kebijakan lain, seperti negosiasi dengan supplier atau vendor, atau penghematan biaya listrik dan operasional lainnya. Lebih jelasnya, Anda bisa melihat daftar catatan pengeluaran untuk setiap kegiatan operasional perusahaan.

  1. Mengatur jalannya arus kas

Jalannya arus kas baik keluar maupun masuk dapat dilihat secara detail pada laporan keuangan yang Anda buat lewat aplikasi pembukuan. Melalui aplikasi keuangan tersebut, perusahaan bisa menganalisis besarnya piutang serta utang yang harus dibayarkan dalam waktu dekat. Dengan demikian, kegiatan operasional bisnis akan tetap berjalan dengan lancar tanpa harus terkendala oleh masalah tersebut.

  1. Menganalisis belanja modal

Mengeluarkan sejumlah modal untuk membeli sebuah aset perusahaan memang sangat menggiurkan. Namun, dibutuhkan perhitungan yang matang apakah income akan semakin bertambah dengan pembelian aset tersebut. Tentunya akan sangat disayangkan manakala aset yang diperoleh dengan nilai yang tinggi ternyata tidak sebanding dengan jumlah pendapatan yang diperoleh. Analisa tersebut bisa Anda pelajari lewat pembukuan yang tertuang dalam aplikasi pengelolaan keuangan tersebut.

Aplikasi pembukuan keuangan dengan cara yang lebih mudah dan praktis bisa Anda temui di BukuKas. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk memantau keuangan perusahaan meskipun lewat ponsel. Kegiatan pengelolaan bisnis akan jauh lebih efisien dan keamanan data sangatlah terjamin.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*