admin April 24, 2020

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling suci untuk melakukan ibadah. Saat mengisi waktu untuk berbuka puasa atau menunggu imsak ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah membaca. Umma Ramadhan menyediakan beberapa artikel yang bisa Anda baca seperti artikel tentang keistimewaan shalat malam di bulan ramadhan.

Keistimewaan Shalat Malam

Ada dua tipe shalat malam yang bisa Anda kerjakan yaitu shalat sebelum tengah malam dan shalat tengah malam. shalat sebelum tengah malam yang bisa Anda lakukan adalah shalat tarawih sedangkan shalat tengah malam adalah shalat tahajud dan shalat witir.

Keistimewaan shalat malam adalah Allah akan menjanjikan banyak hal seperti tempat yang terpuji, dikabulkannya doa, dan Allah menjanjikan surga. Apabila Anda melakukan shalat malam pada bulan ramadhan tentunya Allah akan menggandakan pahala untuk Anda.

Jika Anda sering melakukan shalat malam, doa-doa yang Anda panjatkan senantiasa akan didengar oleh Allah SWT karena waktu shalat malam di sepertiga malam adalah salah satu waktu yang mujarab untuk berdoa. Jika Anda rajin melaksanakan shalat malam Allah juga akan menjanjikan surga.

Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat sunah sebagai tanda dimulai ibadah puasa ramadhan di keesokan harinya. Shalat ini biasanya dilakukan sebelum tengah malam pada bulan ramadhan. Dalam artikel Umma Ramadhan dijelaskan beberapa keistimewaan shalat tarawih, lalu apa saja keistimewaannya?

Apabila Anda melakukan shalat tarawih berjamaah pada bulan puasa maka dosa Anda dan kedua orang tua Anda inshaallah akan di ampuni oleh Allah SWT. Namun, yang mendapatkan pahala adalah orang yang shalat tarawih dengan iman dan mencari pahala serta ridho Allah.

Shalat tarawih yang dilakukan sungguh-sungguh sama seperti Anda melakukan shalat semalam penuh. Seutama-utamanya shalat sunnah adalah shalat tarawih yang dikerjaan secara berjamaah. Shalat tarawih juga menjadi sarana untuk silaturahmi bertemu dengan para tetangga, hal ini tentu bisa mempererat tali silaturahmi.

Shalat tarawih yang dilakukan berjamaah di masjid juga menjadi ladang pahala bagi setiap umat islam. Selain itu, dengan kita shalat tarawih di masjid tentunya kita juga ikut memakmurkan masjid sebagai rasa cinta kita terhadap masjid. Pada saat shalat tarawih di masjid kita juga bisa mendengarkan ceramah dan menimba ilmu-ilmu agama.

Shalat Tahajud

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada tengah malam setelah bangun tidur dengan jumlah dua rakaat atau kelipatannya. Di malam hari sebagian besar orang akan memanfaatkan waktu tersebut untuk tidur namun sebenarnya malam hari adalah waktu yang paling berharga dan tepat untuk melakukan ibadah shalat malam apalagi di bulan ramadhan.

Apabila di malam hari Anda memilih terbangun maka Anda lebih di cintai oleh Allah SWT. Shalat tahajud memiliki banyak keistimewaan yaitu dijanjikan tempat terpuji di sisi Allah. Hal ini tentunya menjadi harapan bagi semua orang beriman.

Keistimewaan kedua adalah akan dikabulkan doa-doanya, doa-doa yang dipanjatkan setelah melaksanakan shalat tahajud akan senantiasa didengar oleh Allah karena malam terakhir adalah salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan minta ampunan.

Keistimewaan shalat tahajud yang lain adalah Anda akan mendapatkan imbalan surga. Barang siapa yang rajin dan rutin bangun di sepertiga malam untuk menunaikan ibadah shalat tahajud ditambah dilakukan pada bulan ramadhan maka Allah akan menjanjikan surga untuknya.

Demikianlah keutamaan shalat malam diĀ  bulan ramadhan. Ada beberapa artikel dari Umma Ramadhan yang bisa Anda baca sambil menunggu waktu imsak dan berbuka puasa. Anda bisa mendownload aplikasi melalui handphone atau melalui website umma.id.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*