admin October 24, 2018

B2B adalah salah satu strategi bisnis dalam ecommerce. B2B yang memiliki kepanjangan business to business ini merupakan transaksi yang dilakukan antara bisnis satu dengan bisnis lain secara elektronik. Salah satu B2B online terpercaya yang ada di Indonesia adalah Bliblli. Sebenarnya, seperti apa sistem B2B ini?

Jenis Transaksi yang Dilakukan

Dalam B2B online, ada banyak jenis transaksi yang biasanya dilakukan. Mereka terdiri dari sell side atau satu penjual dengan banyak pembeli. Ini adalah jenis transaksi yang dimiliki oleh Blibli saat ini. Blibli memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda dan orang lain beli dengan mudah dan hanya ialah satu-satunya yang menyediakan barang.

Selain itu, ada juga buy side atau satu pembeli, banyak penjual. Kalau jenis yang satu ini, biasanya ada pada perusahaan negara seperti Pertamina. Lalu, ada juga excahnge virtula market di mana ada banyak penjual dan banyak pembeli di dalamnya. Ada juga gabungan di antara ketiganya yakni peningkatan rantai pasokan dengan collaboration commerce.

Infrastruktur yang Dimiliki B2B

Untuk bisa menjadi ecommerce terbaik dalam menerapkan sistem B2B online, Blibli memiliki infrastruktur yang mendukung bisnis tersebut. Infrastruktur tersebut adalah EDI yang disebut juga dengan pertukaran data transaksi baik itu penjualan, pembelian, tahihan dan lainnya secara elektronik antara satu sistem dengan sistem lain yang dimilikinya.

Selain itu, ada juga infrastruktur berupa VAN yang merupakan jaringan berdedikasi tinggi untuk keperluan transaksi menggunakan sistem B2B online terpercaya. Penggunaan VAN ini memakai bandwicth dan keamanan tingkat tinggi untuk melindungi semua yang ada di dalamnya.

Manfaat Menggunakan Sistem B2B

Untuk penggunaan sistem B2B dalam transaksi, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Misalnya saja, bisa mengurangi penggunaan kertas dan biaya-biaya bersangkutan seperti administrasi, pencarian, penjualan, pemeliharaan kesediaan, dan masih banyak lagi. Sebab, semua barang yang dijual di Blibli tercatat secara otomatis sehingga tak memerlukannya.

Lalu, keuntungan lainnya adalah bisa mengurangi kesalahan-kesalahan manual seperti salah hitung. Ini juga bisa mengurangi kesalahan jumlah sediaan di gudang dan mempersingkat waktu Anda. Lagipula, adanya sistem B2B ini akan meningkatkan fleksibilitas dari transaksi itu sendiri.

Pembeli hanya perlu memilih barang yang diinginkan, memesan dan membayarnya lalu tinggal tunggu barangnya datang. Penjual pun hanya perlu memasang produk dan menunggu adanya pembeli. Tidak perlu susah-susah mendapatkan pembeli dengan teriak-teriak mengenai barang yang ditawarkannya.

Selain itu, dengan adanya B2B ini, customer service menjadi lebih efisien dan para pembeli juga bisa mengetahui barang-barang terbaru dengan katalog yang lebih interaktif sehingga konfirgurasi produk jadi lebih mudha.

Hambatan B2B

Meski B2B online memiliki banyak sekali manfaat untuk penjual ataupun pembeli, nyatanya sistem ini masih memiliki banyak hambatan. Misalnya saja konflik antar agen yang menjual barang yang sama. Tapi, kalau di Blibli, Anda tak perlu khawatir mengenai masalah ini. Lalu, ada masalah operasi private exchanges alias masalah monopoli barang.

Ada juga masalah keterbukaan informasi terhadap barang yang tersedia yang tak bisa diketahui pembeli. Selain itu, potensi kehilangan pelanggan juga lebih besar untuk penjual. Itu dikarenakan mereka tak bertemu secara langsung dan melakukan proses tawar menawar yang baik.

Sekarang Anda tahu tentang sistem B2B, kan? Blibli, adalah salah satu pengguna sistem B2B online terpercaya yang menyediakan berbagai produk kebutuhan Anda. Mau barang elektronik, fashion, dan masih banyak lagi, di sini tersedia. Harganya pun terbilang cukup terjangkau terlebih Anda bisa mendapatkan penawaran diskon yang menarik!

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*