admin May 6, 2018

Memiliki sebuah kebiasaan baik akan memberikan manfaat besar bagi hidup Anda. Contoh dari kebiasaan baik adalah pola makan teratur, jenis makanan favorit, hingga kebiasaan berolahraga setiap harinya. Dengan menjadikannya kebiasaan, Anda akan melakukannya tanpa paksaan dan lebih kontinyu sehingga manfaat dari kebiasaan tersebut bisa dirasakan lebih lama. Sebuah kebiasaan baik juga tak perlu harus mahal, karena semuanya dinilai dari proses dan apa yang menjadi manfaatnya. Contoh dari kebiasaan baik yang murah meriah adalah olahraga lari dimana Anda tak memerlukan banyak alat ataupun media yang harus dibeli dengan uang.

Lari merupakan olahraga sederhana yang bisa dilakukan tanpa sarana khusus. Tanpa bermaksud berolahraga pun orang pernah atau sering berlari yang memberikan efek pada otot tubuh. Berlari akan menggerakkan otot kaki, perut hingga tangan dengan ritme tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sarana melatih otot jantung. Karenanya lari sering dijadikan sebuah event besar yang diikuti oleh masyarakat biasa hingga para atlet profesional. Bagi Anda yang ingin mulai membiasakan diri dengan sebuah kebiasaan sehat, berikut ini adalah beberapa manfaat dan tips berlari yang bisa menambah wawasan dan diharapkan dapat menjadi pendorong untuk mulai melakukannya.

Manfaat berlari yang sudah terbukti dari segi kesehatan antara lain:

  • Melatih otot jantung.

Dengan ritme gerak yang lebih cepat dari biasanya, otot jantung pun akan dilatih menjadi lebih cepat. Dengan berlari secara rutin otot jantung akan dilatih secara rutin juga sehingga Anda akan memiliki ketangkasan dan ketahanan yang lebih daripada orang lain yang tidak pernah melakukannya.

  • Melatih pernafasan.

Selain otot jantung, otot paru dan saluran nafas juga akan dilatih ketika melakukan olahraga lari. Semakin sering dan rutin Anda berlari, maka pernafasan akan lebih kuat dan panjang.

  • Melatih daya tahan otot kaki.

Seorang pelari profesional menjadi atlet dengan cara berlatih lari dari jarak dan durasi yang pendek hingga ia bisa berlari dengan jarak yang lebih panjang dan lama. Hal ini juga berguna untuk Anda yang memiliki profesi dengan kebutuhan daya tahan tubuh yang tinggi seperti atlet, polisi, atau perenang.

  • Membakar lemak.

Latihan fisik juga bisa mempercepat proses pembakaran lemak yang berguna bagi Anda dengan masalah berat badan berlebih. Biasakan berlari setiap hari untuk mendapatkan betis dan paha yang bukan hanya ramping namun juga kencang. Selain bagian kaki, berlari juga bisa mengecilkan bagian perut dan lengan.

  • Melatih tulang.

Berlari juga bisa digunakan untuk melatih kekuatan tulang. Tulang semakin diberi latihan beban atau latihan fisik akan membentuk massa yang lebih padat dibandingkan tulang yang tidak pernah digunakan untuk melakukan kegiatan berat.

Sedikit tips untuk melakukan olahraga berlari dengan benar yaitu lakukan secara bertahap dimulai dari jarak yang kecil dan durasi pendek. Gunakan sepatu yang empuk dan aman untuk berlari karena bisa jadi medan yang Anda lewati terdapat kerikil yang bisa melukai. Perlengkapan lari dari sepatu hingga tumbler bisa Anda beli di berbagai toko olahraga ataupun di situs belanja online terpercaya. Lakukan kebiasaan baik ini setiap hari agar mendapatkan manfaat yang diharapkan untuk tubuh. Selain dilakukan sendiri, olahraga lari juga sebaiknya diperkenalkan sejak dini pada anak-anak agar mereka mengenal dan menyukai kebiasaan baik tersebut sehingga nantinya bisa menjadi hobi atau awal yang baik untuk memulai hari yang sehat.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*