admin January 21, 2018

Sebagai mama baru biasanya urusan mengenai perawatan si kecil bisa menjadi hal yang super menarik sekaligus juga bisa cukup merepotkan lantaran minimnya pengalaman juga pengetahuan sebelumnya. Berikut ini ada beberapa info menarik terkait dengan makanan pendamping ASI yang harus diberikan pada bayi Anda sesuai dengan aturan yang benar.

1. Waktu Pengenalan terhadap Makanan Pendamping ASI

Bayi umur setengah tahun utamanya sudah harus mulai dikenalkan pada makanan pendamping ASI. Hal ini bertujuan agar bayi tersebut terbantu pemenuhan nutrisi gizinya selain yang berasal hanya dari ASI saja. Usaha ini bagus untuk menjaga berat badan bayi tetap optimal sesuai dengan usia dan juga menunjang kebutuhan pada masa pertumbuhannya.

2. Jenis Makanan Pendamping ASI

Pemberian makanan pendamping ASI haruslah diperhatikan secara seksama. Misalnya saja pemberian cairan pendamping jangan sampai kurang lantaran bisa juga berujung pada munculnya keluhan konstipasi atau susah BAB pada bayi. Maka dari itu pemberian jenis makanan pendamping ASI memanglah sangat harus diperhatikan dalam pemilihannya.

Tidak dianjurkan menambahkan MSG utuk makanan pendamping ASI. Sebagai perasa jika menginginkan cukup tambah sedikit garam, gula, sedikit aroma daun jeruk maupun bawang putih. Pertama-tama berikan tekstur bahan alami yang dijus halus lalu tingkatkan pada bahan alami yang diparut. Penuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineralnya.

3. Frekuensi Pemberian Makanan Pendamping ASI

Pada mulanya saat pengenalan makanan pendamping ASI, cukup lakukan perlahan pada minggu pertama sajikan satu atau dua jenis makanan saja. Setiap hari suapkan sekitar dua kali pada bayi dengan takaran tiap makan tak lebih dari dua sendok saja. Hal ini harus dilakukan secara lembut dan perlahan demi suksesnya proses adaptasi dari bayi Anda tersebut.

Setelah itu Anda bisa mencoba beragam makanan yang pastinya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi gizi harian si kecil. Frekuensi makanan utama bisa dijadwalkan tiga kali sehari disertai dengan dua kali makanan pendamping. Ingat untuk menjaga porsi tetap kecil sesuai dengan kemampuan cerna si kecil! Usahakan memberi makan sebelum bayi menyusu.

4. Usia Maksimal Pemberian Makanan Pendamping ASI

Pemberian makanan pendamping ASI ini sejatinya juga sangat bagus sebagai proses adaptasi si kecil untuk bersiap ikut menyantap menu keluarga kelak saat usianya tepat menginjak satu tahun. Jika anak Anda telah berusia satu tahun maka jangan ragu mulai tinggalkan pemberian makanan lembut pendamping ASI dan melatih bayi makan menu keluarga sesuai porsinya.

Setelah ini jangan segan untuk terapkan tips serta info seputar pemberian makanan pendamping ASI di atas demi tumbuh kembang si kecil agar makin optimal ya! Ada istilah yang mengatakan jika urusan perut si bayi terjamin maka sudah barang tentu bayi sehat dan ceria yang menjadi dambaan pun akan menjadi milik Anda. Selamat mencoba ya!

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*