admin November 13, 2017

Teman adalah seorang aktor yang dapat dijadikan lilin dalam melewati lika-liku kehidupan. Tempat terbaik untuk mencurahkan perasaan suka ataupun duka. Temanlah seseorang yang dapat Anda andalkan dalam kondisi apapun. Begitu pula saat Anda mengalami kesulitan dalam keuangan. Temanlah yang dapat membantu Anda. Namun, tanpa kita bercerita, mereka tidak akan tahu masalah kita. Namun, teman adalah orang yang sama seperti kita. Mereka juga memiliki masalah yang memerlukan penyelesaian. Sehingga hal ini membuat Anda serba salah untuk meminjam uang kepada mereka. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak meminjam uang kepada teman Anda. Berikut adalah beberapa cara pinjam uang ke teman yang perlu Anda perhatikan.

  1. Ceritakan Latar Belakang Masalah Anda

Dengan menceritakan alasan yang jelas, teman Anda akan mengerti keadaan Anda saat ini. Dengan itu, Anda akan dimudahkan dalam mengatakan ingin meminjam uang padanya. Tanpa tahu alasan yang jelas, seseorang tidak akan meminjamkan uang begitu saja. Oleh sebab itu, langkah yang satu ini harus Anda lakukan untuk mengawali niat Anda dalam meminjam uang. Katakan dengan jujur tanpa kebohongan sedikit pun kepada teman Anda tersebut. Walau sebenarnya jika Anda berbohong teman Anda pasti akan tetap percaya. Namun, sekali orang berbohong saat ketahuan akan sulit untuk membuat situasi sama seperti awalnya. Ketika Anda mengatakan dengan jujur sesuai dengan keadaan Anda apa adanya, pada kali kedua atau seterusnya teman Anda tidak akan berpikir dua kali untuk menolong Anda.

  1. Tanyakan Kondisi Keuangan Teman Anda

Seperti apapun kondisi keuangan teman Anda, ia akan tetap berusaha meminjamkan uang pada Anda. Namun Anda tidak boleh egois. Anda harus mengetahui lebih dahulu kondisi finansial dari teman yang akan Anda mintai bantuan itu. Biasanya seorang teman akan sungkan bila tidak bisa menolong sesama temanya, terlebih teman dekatnya yang sudah ia anggap seperti keluarga. Jika kondisi keuangan teman Anda ini turut memprihatinkan sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk meminjam padanya. Sebagai teman Anda harus paham. Namun jika kondisi keuangan teman Anda ini aman terlebih ia sendiri yang mengatakan, Anda dapat meneruskan niat untuk meminjam uang padanya.

  1. Buatlah Surat Perjanjian Jika Perlu

Meskipun uang yang Anda pinjam adalah milik teman Anda sendiri, membuat perjanjian hitam di atas putih tidak ada salahnya. Perjanjian ini justru akan menguntungan kedua pihak yaitu Anda dan teman Anda, dengan catatan Anda sebagai peminjam harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sama-sama telah disepakati. Perjanjian ini dapat merusak hubungan baik pertemanan Anda ketika Anda melanggar kesepakatan tersebut. Sebagai pihak yang meminta bantuan, Anda harus menjadi seorang yang paling berkomitmen.

  1. Kembalikan Hutang Anda Secara Tepat Waktu

Ada atau tidaknya perjanjian tertulis, hutang tetaplah hutang. Sehingga, Anda harus melunasinya. Usahakan mengembalikan uang yang Anda pinjam sesuai dengan kurun waktu yang Anda janjikan sendiri pada teman Anda. Jika batas waktu yang ditentukan sudah habis, tetapi Anda belum bisa melunasi sebaiknya Anda mengatakan keadaan tersebut. Buatlah tanggal baru di mana Anda dapat benar-benar melunasinya. Namun jangan terlalu sering mengatakan janji untuk membayar. Meskipun teman Anda tidak marah, namun ia pasti berpikir untuk tidak meminjamkan uangnya pada Anda di lain waktu.

  1. Usahakan Meminjam Uang Sesuai Kebutuhan Anda

Tetapkan niat Anda dalam menentukan nominal uang yang akan Anda pinjam kepada teman Anda tersebut. Meskipun keadaan atmosfir finansial teman Anda ini sedang baik, Anda harus meminjam uang sesuai kebutuhan. Sebanyak apapun harta teman Anda, itu bukanlah milik Anda dan harus tetap dikembalikan. Ingatlah bahwa jumlah uang yang Anda pinjam itulah yang akan Anda kembalikan. Jika Anda meminjam terlalu banyak dan di luar dari apa yang dibutuhkan, hal tersebut akan menyulitkan diri Anda sendiri. Jangan sampai Anda malah terjebak pada perekonomian yang gali lubang tutup lubang.

  1. Jangan Memaksa Teman Anda untuk Memberikan Pinjaman

Bersikaplah sopan pada semua orang, terlebih pada orang yang akan Anda mintai bantuan. Begitu pula dengan etika dan cara pinjam uang baik itu pada orang yang lebih tua maupun sesama teman. Teman Anda akan lari begitu saja ketika Anda memaksanya untuk meminjami uang. Meskipun Anda membutuhkan gunakan cara yang halus untuk meminta bantuan. Hargai teman Anda sebagai orang yang memberi bantuan. Ceritakan baik-baik alasan mengapa Anda harus meminjam padanya dan tidak kepada orang lain.

  1. Berikan Tip Lebih untuk Teman Anda

Ketika Anda sudah dapat mengembalikan uang yang Anda pinjam pada teman Anda tersebut, tidak ada salahnya Anda mengembalikan dengan jumlah yang lebih dari uang yang Anda pinjam. Bukan berarti uang yang dipinjam memiliki bunga. Namun, Anda juga harus memperhitungkan kebaikan teman Anda tersebut karena sudah mau memberikan bantuan di kala yang lain tidak mau membantu. Tip ini tidak wajib, tapi tidak ada salahnya ketika Anda memiliki rezeki yang lebih.

  1. Ucapkan Terima kasih

Seperti halnya seseorang yang telah membantu, harga yang patut diberikan atas jasa atau bantuan yang dilakukan adalah ucapan terima kasih. Meskipun terlihat sederhana, tapi ucapan ini sering dilupakan. Pemberi bantuan akan lebih senang mendengar ucapan ini daripada hanya sekadar menerima uang yang ia pinjamkan telah kembali. Kata terima kasih yang Anda ucapkan akan terasa sejuk didengar. Dengan ini seseorang yang telah memberi bantuan akan merasa lega karena seseorang yang ia bantu adalah orang yang baik dan tak lupa terima kasih.

  1. Balaslah Kebaikan Teman Anda dengan Membantunya di Bidang yang Lain

Jangan menjadi seseorang yang seperti kacang lupa kulitnya. Anda harus mengingat setiap kebaikan yang dilakukan orang lain kepada Anda sekecil apapun itu. Apalagi jasa seseorang yang pernah membantu Anda saat situasi darurat layaknya teman Anda yang sudi memberikan pinjaman uang saat perekonomian Anda menyempit. Jika suatu saat teman Anda itu perlu bantuan entah dalam bidang apapun, Anda wajib membatunya sesuai dengan kemampuan Anda tersebut. Atau bahkan, Anda memiliki inisiatif menawarkan bantuan kepadanya apapun itu. Bukan seberapa besar apa yang ia berikan, namun lihatlah pada ketulusanya di saat orang lain tidak mau menolong Anda di saat-saat darurat. Meskipun teman Anda tidak mengharapkan tindakan ini, sebagai teman yang baik Anda tetap harus menawarkan bantuan kepadanya.

Solusi lain yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan platform yang menyediakan kredit uang online. Di zaman yang sudah canggih, ada banyak platform yang menyediakan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat sehingga Anda tak perlu lagi bingung jika teman Anda tidak memberikan pinjaman uang. Meski tanpa bantuan teman, Anda bisa menyelesaikan masalah keuangan tanpa harus mencederai hubungan pertemanan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*