admin January 25, 2018

Bayi Anda kerap rewel? Mungkin itu terjadi karena buah hati Anda sedang kembung. Ada berbagai penyebab dari perut kembung yang menyebabkan mereka rewel. Ada juga berbagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Meskipun wajar, Anda harus tetap memperhatikan mereka. Salah satunya dengan cara meredakan kembungnya.

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi ibu atau bayi itu sendiri. Bagi bayi yang masih minum ASI, Anda harus memperhatikan makanan Anda. Sebaiknya hindari makanan yang membentuk gas saat dicerna seperti kubis, kembang kol, brokoli atau kacang-kacangan.

Sedangkan bila bayi Anda sudah berusia 6 bulan, biasanya mereka akan makan MPASI. Perhatikan juga menu makanannya. Sama seperti pada Anda, hindarkan juga mereka makanan yang membentuk gas saat dikonsumsi. Sayuran seperti kubis atau brokoli bisa membuat mereka kembung.

Selain makanan, minuman juga punya pengaruh membuat perut bayi Anda kembung. Minum air putih memang baik, namun tidak bagi bayi. Bayi yang berusia di bawah 6 bulan tidak disarankan untuk diberi air putih. Mereka bisa mengalami sakit perut serta kembung karena bisa membuat mereka kesulitan membuang gas pada tubuhnya.

Masih ada satu penyebab lagi, nih! Dot bayi. Saat memilih dot bayi, Anda harus memperhatikannya betul jangan sampai dot tersebut terlalu kecil atau terlalu besar untuk mereka sehingga membuat udara masuk saat mereka menyusu. Udara yang masuk juga bisa menimbulkan masalah pada perut bayi Anda.

Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kembung pada bayi. Salah satunya adalah meletakkan bayi di kasur pada posisi tidur. Selain itu, Anda bisa mencoba menggendongnya setelah mereka selesai menyusu. Gendonglah bayi dengan posisi telentang dan angkat kedua kakinya lalu gerakkan seperti mengendarai sepeda.

Gerakan tersebut bisa membantu bayi Anda membuang gas dalam perutnya. Cara lainnya, Anda bisa memijat perlahan perut bayi searah jarum jam dengan posisi bayi telentang. Selain itu, Anda juga harus menyusui mereka sebelum mereka benar-benar lapar. Hal ini bisa meminimalkan kemungkinan perut kembung pada bayi akibat masuk angin.

Anda juga bisa mencoba memberi mereka minyak telon yang dioleskan pada perut mereka. Pilihlah minyak telon yang benar, ya! Minyak telon yang memberikan situasi hangat saat digunakan. Bukan panas. Salah satu minyak telon yang memiliki kualifikasi ini adalah minyak telon dari Zwitsal.

Zwitsal berusaha memberikan yang terbaik bagi buah hati Anda termasuk minyak telon yang bisa membuat bayi Anda terbebas dari perut kembung. Minyak telon dari Zwitsal juga bisa menghangatkan bayi Anda saat musim dingin. Serta, minyak telon ini juga bisa melindungi buah hati Anda dari gigitan nyamuk. Keren, kan?

Perut bayi yang kembung bisa jadi ada masalah serius pada pencernaan bayi Anda. Masalah tersebut akan terus membuat mereka rewel. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi yang benar. Namun, bila cara tersebut tidak berhasil, segera hubungi dokter, ya!

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*