admin May 6, 2018

Islam merupakan agama yang banyak pemeluk di dunia. Hampir di setiap negara manapun pasti ada yang beragama Islam. Islam sendiri memiliki aturan dan ciri khas untuk setiap penganutnya, salah satunya menutup aurat setelah usia baligh. Jika wanita dituntut untuk menutupi seluruh bagian tubuh kecuali muka dan telapak tangan, tidak demikian dengan pria. Pria hanya perlu menutupi bagian tertentu saja yaitu pusar sampai lutut. Meskipun aurat pria hanya bagian itu, nyatanya untuk perayaan keislaman memerlukan busana muslim yang layak dan wajar.

Nah, kali ini kita membahas berbagai model busana muslim pria yang ada di beberapa belahan negara. Yuk, simak selengkapnya! Siapa tahu kamu tertarik untuk menjadikannya ide fashion muslim pria.

Busana Pria Galabiyya dari Mesir

Buat kamu yang pengen cari ide baju muslim khusus ikhwan, bisa cari referensi dari busana muslim dari Mesir ini yang disebut galabiyya. Meskipun terkenal dari Mesir, nyatanya tak hanya Mesir saja yang menggunakan pakaian ini karena banyak juga warga Arab yang menggunakan model galabiyya. Baju ini sangat simpel dan terlihat kasual jika dipakai. Jadi, cocok untuk dikenakan di manapun dan kapanpun.

Baju Ikhwan Jubbas khas Turki

Model baju muslim pria lain yang ter-update dari negara Turki adalah baju jubbas. Model baju ini berupa baju lengan panjang yang menutupi seluruh bagian tubuh sampai mata kaki. Meskipun baju ini tren Turki, tapi fesyen ini sering digunakan oleh pria muslim di Arab. Ya, modelnya memang hampir sama dengan galabiyya, hanya kedua baju tersebut memiliki istilah yang berbeda. Turki sendiri memilih nama Jubba yang artinya sepanjang mata kaki. Jadi, meskipun aurat lelaki hanya sebatas pusar sampai lutut, fesyen pria ini lebih menghormati wanita dengan menutup seluruh bagian tubuh sampai mata kaki. Busana muslim ini biasanya hanya menggunakan warna-warna polos dan cenderung netral seperti abu-abu, dongker, hitam, putih, dan terkadang ditemukan ada sedikit motif atau corak

Model Gamis Pria

Busana muslim pria yang satu ini memang mengadopsi dari tren berpakaian pria di Timur Tengah. Bedanya di Indonesia, model gamis ini diberi sedikit sentuhan bordir pada bagian tertentu dan aksen hiasan pada tangan, dada, bagian bawah. Nah, kamu bisa nih pakai model gamis pria ini untuk lebaran nanti.

 

Baju Koko asal Indonesia

Photo credit: Lifestyle Okezone

Baju koko ini merupakan tren busana muslim asal Indonesia. Setiap tahun, fesyennya bergonta-ganti, tapi masih dalam kategori busana koko. Tahukah kamu dari mana asal mula nama koko ini? Jadi, sebutan koko ini berawal dari panggilan masyarakat Indonesia terhadap kaum pria Tionghoa yag biasa disebut engkoh atau engko. Lalu, nama tersebut berkembang jadi koko dan telah melekat sampai saat ini. Hal itu juga bisa menjadi bukti akulturasi budaya bangsa Indonesia dengan buadaya  Tionghoa yang ada di Indonesia. Model baju koko yang seperti apa nih yang lagi hits tahun 2018 ini?

 

  • Baju Koko Motif Batik

Photo credit: webcool

Jika dulu koko hanya berupa kemeja polos tidak ada kombinasi warna lain, kini baju koko sudah mengalami perkembangan. Desain baju koko saat ini yang lagi tren adalah kombinasi batik pada busana koko. Banyak variasi batik yang ada di Indonesia. Kamu bisa pilih model yang sesuai dengan seleramu. Batik itu pun hanya ada di beberapa bagian tertentu seperti dada, samping kanan dan kiri, lengan, dan lainnya. Tentu style busana koko dengan motif batik tersebut  akan membuat tampilanmu lebih stylish dan trendi. Mau couple-an dengan pasanganmu? Tenang, ada juga baju koko dengan motif yang dibuat sama dengan motif batik pasanganmu. Tren ini lagi hits banget baru-baru ini. Sudahkah kamu memilikinya?

 

  • Baju Koko Motif Bordir

Photo credit: debusana

Selain ada baju koko motif batik, ada juga koko yang menggunakan motif bordir dan tidak kalah uniknya, apalagi teknik bordir saat ini bukan main-main saja. Ada teknik bordir yang menarik dan sulit dikerjakan sehingga harga baju koko tersebut menjadi sedikit mahal dari biasanya. Namun, biasanya hasilnya lebih oke, guys! Dengan menggunakan baju koko motif bordir ini, tentu akan membuat kamu tampil lebih agamis dan formal. Baju ini cocok untuk dipakai pada acara keagamaan ataupun meeting.

Baca Juga : Tutorial Hijab Pashmina Rumbai Terbaru

Nah, itu dia beberapa model busana muslim pria yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu bisa pilih model gamis pria sesuai dengan seleramu untuk keperluan acara tertentu. Begitu pula dengan mix and match celana panjang dan peci yang bisa kamu sesuaikan warnanya supaya senada. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*